TAU GAK ? PESISIR SELATAN SALAH SATU TEMPAT WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI

10:33



Bahagia itu saat suntuk, tugas kantor numpuk trus ditawarin jalan jalan keluar kota bareng temen, kalau kata Pak Bondan Maknyusss..

Kali ini saya traveling nya ke Painan Sumatra barat gak jauh-jauh masih deket sama kota Pekanbaru Lagi-lagi jalan-jalannya ala Backpacker, BUKAN gak ada DUIT, eehhmm.. TAPI belum banyak aja. Hehe..
Tapi Bagi yang punya jiwa petualang lebih asik kok jalan-jalan ala backpacker, lebih kerasa berbaur dengan alam dan warga sekitarnya, kalau gak percaya cobain deh. 

Dan itu yang saya rasain macam-macam sifat dan kelakuan orang, ada yang baik banget dan ada yang sinis aja dengan para wisatawan, namanya juga manusia kepala boleh sama hitam tapi sifat nya beda-beda. Perjalanan dimulai dari Pekanbaru menuju Painan kami naik bus menuju  padang, berhenti di Jl. Baypas sekitar jam 07:00 pagi, dengan muka kucel mata bengkak karna hampir 10 jam di bus, Kebayang gak sih..

Akhirnya kami putuskan cari mushola atau spbu buat bersihin diri.. dilanjutin dengan sarapan..

Bang.. pesan sarapan dua pake teh anget ya...
iya mbak.. kata si abangnya..

Katupek Gulai paku dan Gulai cubadak  udah ada didepan mata..

Yank… pacar aku desebelah ngomong pelan-pelan

Apaan..

Kok Lontong sayur nya gak pake Mie..

Haaa . iya yank.. jangan-jangan siabang lupa kasi mie,,

Gak mungkin yank lupa,, dua-duanya gak pake mie kok.. !!! cowok aku gak terima kayaknya lontong nya gak pake mie,,, hehehe…

Mungkin disini lontongnya gak sama dengan di pekanbaru yank,, kali aja lontong disini emank gak pake mie..

Ni lontongnya udah hampir abis,, tapi kok teh angetnya gak nyampe-nyempe, ,, beneran lupa siabang kayanya…. Uuhh…
  
Setelah sarapan kami melanjutkan perjalanan....

Dari jalan Baypass naik angkot jurusan Teluk Bayur, berhenti di Simpang Gaung.

Disini perjalanan ke painan dilanjutkan naik travel kira” sekitar 2 jam perjalanan.. perjalanan 2 jam itu benar – benar gak kerasa, pemandangan Teluk bayur yang sangat mempesona dengan dermaga dan kapal-kapal besar yang bagus banget, kebetulan hari itu cerah banget lautnya biru.

Banyak deretan bukit-bukit hijau dan sungai dengan batu-batu besar, kayaknya asik buat Arung jeram, jalan yang berkelok” ciri khas jalanan Sumatra barat.                
Sesampainya dipainan kami naik naik ojek menuju Pantai Carocok.. 10 menit perjalanan


Objek wisata di Painan

Berdasarkan sumber dari Wikipedia, diketahui bahwa ada lebih dari 10 objek wisata yang ada di Painan. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang ada di Painan.

1. Bendungan Amping parak Timur.

Bendungan ini berada di kampung Teratak panas yang berfungsi untuk mengairi sawah yang ada di sekitarnya. Namun sayangnya bendungan ini kini tidak terawat dan keadaannya sangat kotor.

2. Pantai Mandeh

Pantai ini dinamakan Mandeh karena terletak di Kampung Mandeh. Kawasan ini sangat dikenal di manca Negara sehingga banyak dilakukan pengembangan resort serta dijadikan objek wisata.

3. Pulau Keong

Pulau keong memiliki keunikn dari bentukny yang sangat mirip dengan keong yang sedang berjalan dengan sangat lambat. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari Pulau Keong.


4. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak merupakan objek wisata yang sangat dikenal di manca negara karena keindahannya. Keindahan tersebut berupa pemandangan, hutan dan biota lautnya sehingga sangat cocok untuk menyelam.

5. Jembatan akar bayang

Jembatan akar bayang merupakan salah satu jembatan hidup yang berasal dari akar 2 pohon beringin yang bersatu hingga membentuk jembatan. Jembatan ini dibuat oleh Pakih Sokan.


6. Istana Mande Rubiah

Istana ini terlatak di Lunang dimana selain sebagai objek wisata juga bisa dijadikan sarana pembelajaran tradisi Sumatera Barat. Tradisi ini dilakukan setiap lebaran yaitu dengan mengunjungi istana ini.

7. Air Terjun Malanca

Air terjun ini merupakan wisata pemandian yang menyuguhkan pemandangan alami serta udara yang sangat sejuk. Air terjun ini dinamakan Malanca karena mengalir di atas batu karang cekung

Berikut adalah foto-foto liburan saya di Pantai Carocok Painan









Pemandangan dari seberang pulau











Overall  aku suka tempat ini pemandangannya bagus suasanya nya nyaman dan tenang, semoga painan terutama tempat wisatanya lebih di perhatikan kebersihan dan kenyamanan pengunjung.


Rincian Biaya dari Pekanbaru menuju Painan Sumatra Barat


1. Tarif bus dari Pekanbaru ke Painan Rp. 90.000
2. Dari Jalan Baypass naik angkot menuju Simp. Gaung Rp. 4000
3. Tarif travel dari Simp. Gaung ke painan Rp. 25.000
4. Tarif ojek ke pantai painan Rp. 3000
5. Biaya masuk ke pantai Carocok Rp. 5000



Harga bisa berubah setiap saat ya Guys..
Liburan Murah Tapi tetap Asik…  


sumber  
 http://www.pelangiholiday.com/2013/09/macam-macam-objek-wisata-di-painan.html

You Might Also Like

0 comments